Oleh : Wahyu

 

Jakarta, MediaProfesi.com - F5 (NASDAQ: FFIV) meluncurkan Advanced Web Application Firewall™ (WAF), sebuah solusi perlindungan yang komprehensif untuk keamanan aplikasi (firewall).

 

Seiring upaya industri untuk meningkatkan perlindungan dari semakin berkembangnya ancaman terhadap aplikasi, F5 juga mengembangkan portfolio solusi terintegrasi dan mandiri yang khusus didesain untuk keamanan aplikasi.

 

Riset terbaru dari F5 Labs menunjukkan, aplikasi adalah target awal pada sebagian besar upaya pembobolan,” kata Ram Krishnan, SVP dan General Manager unit Security Business F5.

 

Ram Krishman menyebut hal ini menunjukkan, aplikasi manapun bisa menjadi sasaran serangan. F5 menawarkan aplikasi perlindungan terlengkap, dengan Advanced WAF sebagai teknologi fundamental yang bisa diterapkan, dikelola, serta model konsumsi yang sesuai keinginan konsumen.

 

Penjahat cyber, sebagaimana disampaikan oleh Ram Krishnan, menggunakan software yang khusus didesain untuk membawa serangan berbahaya atau dikenal sebagai exploit.

 

Selain exploit berlapis dan canggih, mereka juga menggunakan gelombang ancaman otomatis, memanfaatkan bot, dan melakukan semuanya berbasis perangkat internet (Internet of Things/IoT) yang bisa menghindari pendeteksian berdasarkan ciri sederhana atau reputasinya.

 

Advanced WAF™ yang merupakan produk terbaru F5, mendukung berbagai model konsumsi dan lisensi termasuk yang berbasis per-app, billing, langganan, dan utilitas agar pusat cloud dan pusat data bisa berjalan secara fleksibel dan maksimal.

 

Dengan demikian, SecOps (keamanan dan operasional) akan berkolaborasi dengan lebih baik lagi bersama DevOps (pengembangan dan operasional) dan NetOps (jaringan dan keamanan) dalam menempatkan layanan perlindungan aplikasi pada environment apapun.

 

Baik aplikasi yang dikonfigurasi untuk individual maupun massal. Pendekatan holistik ala F5 untuk mengamankan aplikasi ini bertujuan mengurangi kerumitan manajemen, meningkatkan biaya operasional (OpEx), dan mengantarkan layanan secara efisien untuk menetralkan serangan.

 

Meski sudah memimpin industri dalam penyediaan WAF, solusi terbaru ini akan mendorong F5 untuk lebih kompetitif.

 

Sebab, Advanced WAF ikut menguatkan dan mendukung kinerja berbagai produk sebelumnya seperti WAF Express® dan layanan Silverline® WAF. Advanced WAF menawarkan fungsi yang berbeda untuk pelanggan, diantaranya:

· Perlindungan terkuat terhadap pencurian dan penyalahgunaan data

· Satu-satunya WAF yang memiliki fungsi mitigasi komprehensif terhadap ancaman bot di web dan mobile

· Pendeteksian pada Layer 7 DDoS menggunakan machine learning dan analisa tingkah laku (behavioral analytics) untuk akurasi tinggi

· Solusi WAF yang paling terukur di pasar

 

Perlindungan Industri Terdepan untuk Seluruh Aplikasi

Pada perekonomian saat ini, kondisi sebuah aplikasi berjalan selaras dengan pemasukan sebuah perusahaan. F5 meningkatkan kapabilitas WAF di cloud sambil memperkuat solusi yang sudah ada.

 

Advanced WAF melindungi aplikasi secara dinamis dengan kemampuan anti-bot, menghentikan upaya pencurian melalui ketikan pada keypad (keyloggers) dengan enkripsi ketikan (keystroke encryptions), serta memperluas pendeteksian untuk perlindungan berlapis terhadap DDoS, serangan yang dilakukan dengan membebani server sehingga mengalami kelebihan kapasitas.

 

Khusus untuk perlindungan terhadap DDoS, F5 sudah melakukan pembaruan DDoS Hybrid Defender®, produk yang performa dan harganya memimpin pasar serta memiliki kapabilitas teranyar dalam optimalisasi waktu pengenalan dan respon metrik terukur untuk mengeluarkan upaya mitigasi DDoS.

 

Perlindungan Terukur  untuk Mendorong Inovasi dan Kelincahan Bisnis

Advanced WAF memberikan pilihan bagi pelanggan F5 untuk menempatkan keamanan esensial bagi aplikasi di berbagai platform cloud, baik privat maupun publik, sekaligus mendorong portabilitas layanan melalui layanan mikro dan container use cases.

 

Kemudahan yang diperoleh dari kebijakan keamanan otomatis, solusi ini membantu perusahaan menyingkat waktu penyebaran aplikasi karena memiliki template cloud untuk AWS, Google, dan Azure.

 

Pendekatan ini memberi kebebasan pada perusahaan untuk mengembangkan semua aplikasi yang sudah terinstal dan infrastruktur cloud sesuai prioritas bisnis, meyakini bahwa aplikasi mereka akan terlindungi tanpa terikat model penempatan maupun platform cloud tertentu. * (Wah/Syam)