Oleh : Wahyu

 

Yogyakarta, Mediaprofesi.com – Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memberikan lebih dari 10.000 beasiswa bagi pelajar tingkat dasar hingga perguruan tinggi, serta menerima lebih dari 1.000 orang tenaga kerja baru untuk menempati berbagai unit dan mitra usahanya sampai kurun waktu tahun 2018.

 

Hal ini merupakan bagian dari partisipasi APP Sinar Mas di Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan (PUSAKA) 2018 di Yogyakarta, yang juga turut dihadiri Presiden Indonesia Joko Widodo.

 

“Melalui beasiswa ini, kami berharap dapat mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di bidang kehutanan sehingga dapat memperkuat daya saing dan inovasi produk kehutanan Indonesia,” ungkap Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata.

 

Suhendra menambahkan, sejumlah beasiswa yang diberikan lebih dari 70%-nya untuk pendidikan di perguruan tinggi. Penerima beasiswa keseluruhan adalah siswa yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu, serta tinggal di desa sekitar wilayah operasional APP Sinar Mas dan mitra.

 

APP Sinar Mas memberikan beasiswa melalui berbagai unit dan mitra usaha, di antaranya PT Arara Abadi, PT Wirakarya Sakti, PT Surya Hutani Jaya, PT Sebangun Bumi Andalas, PT Indah Kiat Pulp & Paper, PT Pindo Deli Pulp and Paper, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, PT Lontar Papyrus Pulp & Paper, PT OKI Pulp & Paper, serta Yayasan Eka Tjipta Foundation.

 

Sementara terkait kesempatan kerja, dalam festival tersebut APP Sinar Mas menerima lebih dari 1.000 tenaga kerja dari berbagai lulusan, meliputi Sarjana/Diploma III dan SMK/SMA yang akan ditempatkan di berbagai unit usaha dan mitra APP Sinar Mas.

 

Lebih dari 40% tenaga kerja tersebut diserap oleh PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Indah Kiat sendiri merupakan salah satu unit usaha APP Sinar Mas yang mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai perusahaan penyerap tenaga kerja tertinggi untuk kategori industri pulp dan kertas pada Maret lalu.

 

“Penerimaan tenaga kerja ini menjadi wujud komitmen APP Sinar Mas dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya dalam hal pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, terutama di bidang kehutanan,” tutur Suhendra.

 

Managing Director Sinar Mas Saleh Husin yang juga hadir di sana mengatakan, aktivitas pilar bisnis Sinar Mas di sektor kehutanan atau perkebunan diarahkan untuk menggandeng masyarakat sekitar tumbuh bersama.

 

Menurutnya, bukan sebuah kebetulan, perusahaan di bawah naungan APP Sinar Mas dan pemasoknya beroperasi di wilayah yang jauh dari pusat kota, di mana sebagian di antaranya menghadapi tantangan seputar layanan pendidikan dan kesempatan kerja. * (Wah/Syam)