Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com – Dengan meningkatnya tren IoT dan manufactur cerdas, industri peralatan mesin Taiwan juga telah berfokus pada pengembangan sistem otomatisasi dan layanan yang akan melengkapi pabrik-pabrik mobil untuk tantangan dan peluang di masa depan.

 

Untuk menunjukkan perkembangan teknologi canggih di masa depan, khususnya memasuki era Industry 4.0, Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dan Corporate Synergy Development Center (CSD), menghadirkan 90 brand manufaktur asal Taiwan pada perhelatan Manufacturing Indonesia 2018.

 

Event yang digelar selama 3 hari di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada 5-8 Desember 2018 bisa dikunjungi guna menyaksikan kecanggihan peralatan mesin asal Taiwan di Hall A 3216-3217.

 

Beberapa brand manufaktur asal Taiwan yang unjuk gigi dalam perhelatan tersebut antara lain adalah TOYO, Tong Tai, L&L Machinery, Techman Robot, SEYI (Jaya Metal), ICP DAS, KAFO dan Delta Electronic.

 

Salah satu peserta, PT. Tongtai Seikindo, tengah menghadirkan TIMS (Tongtai Intelligance Manufacturing Systems) dan TLM (Tongtai Line Management) yang memungkinkan operator dengan mudah mengontrol status produksi dan meningkatkan efisiensi permesinan.

 

“Produk-produk kami yang paling laku di Indonesia biasanya mesin kombinasi, CNC Lathe Machine dan Machining Center,” ujar Dapi Gadapi selaku Sales Manager PT. Tongtai Seikindo, di sela perhelatan Manufacturing Indonesia 2018.

 

Dalam upaya memenuhi permintaan global yang berkembang untuk peralatan manufaktur otomatis yang cerdas, produsen Taiwan telah mulai menanamkan fungsi kecerdasan (seperti kompensasi suhu, anti-benturan dan optimalisasi proses manufaktur) ke dalam mesin, serta menyediakan sel otomatis dan jalur produksi dengan mengintegrasikan fasilitas otomatisasi (seperti lengan robot) ke pembuat mobil.

 

Selain itu, teknologi kecerdasan diterapkan untuk membuat mesin ramah lingkungan, untuk membantu klien mematuhi peraturan perlindungan lingkungan internasional.

 

Teknologi manufaktur pemrosesan logam dengan hasil terbaik dan pengalaman yang luas dalam layanan di seluruh dunia menjadikan Taiwan mitra berkualitas bagi Indonesia, dalam membangun masa depan manufaktur yang cerdas bersama. * (Syam)