Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com – Idul Fitri 1440H masih 2 hari lagi, namun persiapan untuk menyambut tibanya hari kemenangan ini berbagai menu istimewa bakal disajikan, diantaranya ikan yang di olah dengan berbagai masakan dan rasa.

 

Ikan selain mudah diolah, juga kaya akan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Namun, pengolahan ikan menjadi berbagai pilihan menu, membutuhkan jenis ikan yang tepat.

 

Sebut saja ikan Bandeng yang paling enak kalau digoreng. Sementara Anda yang menyukai menu bakar, ikan kue adalah pilihan yang paling pas.

 

Hanya beberapa jenis ikan tetap lezat saat diolah menjadi berbagai macam menu. Salah satunya adalah ikan Tilapia. Tidak hanya mudah diperoleh, ikan Tilapia juga mudah dimasak, tinggi protein dan rendah lemak.

 

Tilapia sebenarnya adalah nama umum untuk menyebut ratusan spesies ikan cichlid dari suku tilapiine cichlid. Di Indonesia, selain bisa ditemukan di alam liar, ikan tilapia juga termasuk komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di danau dan waduk air jernih.

 

Salah satu produsen ikan tilapia terbesar di dunia adalah Regal Springs. Pertama kali didirikan di Jawa Tengah pada 1988, Regal Springs kini sudah merambah hingga Amerika Latin.

 

Regal Springs Indonesia merupakan bagian dari Regal Springs Group yang merupakan produsen ikan tilapia terintegrasi terbesar di dunia. Selama lebih dari 30 tahun Regal Springs telah mengekspor 90 persen produknya ke luar Indonesia.

 

Kini produk ikan tilapia Regal Springs juga tersedia di pasar domestik Indonesia sebagai produk ikan premium sumber protein tinggi berkualitas.

 

Turut merayakan hari kemenangan bagi ummat muslim yang telah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan, Regal Springs berbagi tip menu istimewa pengolahan ikan tilapia sebagai berikut :

 

Bahan:

6 potong Fillet ikan Tilaipa

1 buah       Jeruk nipis

Garam secukupnya

 

Sambal Matah:

8 buah       Cabai rawit merah, iris

8 buah       Cabai rawit hijau, iris

5 siung       Bawang merah, iris tipis

2 batang    Serai, iris

5 lembar    Daun jeruk, iris

½ sdt          Garam

½ sdt          Gula pasir

50 ml         Minyak goreng

 

Cara membuat:

1. Sambal: campur cabai, bawang, serai, daun jeruk, garam dan gula pasir ke dalam wadah tahan panas lalu aduk rata, kemudian siram dengan minyak goreng panas. Angkat dan sisihkan.

2. Lumuri fillet ikan Tilapia dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 20 menit agar bumbu meresap, kemudian panggang di atas pan antilengket hingga kecoklatan.

3. Sajikan dengan sambal matah di atasnya.

 

Hasil: 6 porsi. * (Syam)