Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com – Viu, layanan streaming hiburan terkemuka, mengumumkan 17 film pendek karya pelajar di 17 kota di Indonesia mulai hari Selasa (21/5/2019) penayangan secara global di 17 negara di mana Viu berada.

 

Seluruh film pendek Viu Original yang tayang di 17 negara ini dilengkapai dengan teks terjemahan dalam bahasa Inggris, Cina, Vietnam, Burma, Thailand, Melayu, dan juga sulih suara dalam bahasa Arab.

 

Tahun ini Viu Shorts! Mengangkat tema ‘Mitos’, karena Indonesia dengan kekayaan warisan budaya memiliki jutaan cerita, mitos, dan kepercayaan lokal.

 

Ada satu hal yang tersimpan dan sangat menarik untuk ditonton hasil karya para pelajar di masing-masing kota berhasil menerjemahkan cerita-cerita mitos ini ke dalam bentuk karya film pendek dengan berbagai genre, horror, drama, drama romantic, sampai dengan drama komedi.

 

Varum Mehta, Viu Country Head Indonesia mengakui kreativitas anak-anak muda di Indonesia merupakan sumber daya yang luar biasa, keyakinan tersebut semakin kuat setelah kami melakukan perjalanan mengadakan program Viu Shorts! Di 17 kota di seluruh Indonesia.

 

“Ke 17 film pendek sebagai hasil dari program Viu Shorts! Ini tidak hanya kental dengan kearifan lokal, namun berhasil diproduksi dengan daya tarik internasional,” ujar Varum Mehta dalam jumpa pers usai penayangan film Viu Shorts! Dan dilanjutkan buka puasa bersama hari Selasa (21/5/2019) di Jakarta.

 

Varum Mehta melontarkan pujiannya, bahwa talenta yang ditunjukan para pelajar peserta program Viu Shorts! Benar-benar membuat kami kagum, jauh di atas ekspektasi awal kami.

 

Dia bahkan berjanji untuk terus berkolaborasi dengan anak-anak bangsa dalam memproduksi konten-konten lokal yang siap bersaing di pasar dunia.

 

Program Viu Shorts! Berlangsung sejak September 2018 hingga Maret 2019, di Cilegon, Purbalingga, Bojonegoro, Siak Indrapura, Kupang, Maumere, Tanjung Pinang, Batam, Labuan Bajo, Banyuwangi, Makassar, Manado, Padang, DI Aceh, Banjarmasing, Samarinda, dan Singkawang.

 

Para pelajar peserta program Viu Shorts! Menerima bimbingan langsung dari sineas professional dari Viu, komunitas film, dan pengajar IKJ, dibawah komando Dirmawan Hatta, seorang sutradara film, sebagai kepala mentor.

 

Kemudian Edo Sitanggang sebagai produser, yang juga salah satu penggagas ide program Viu Shorts! Ini. * (Syam)