Oleh : Syamhudi

Jakarta, MediaProfesi.com - QAJOO STUDIO (baca: kayu studio) secara resmi meluncurkan produk terbarunya, mobile strategy game “Kurusetra”. Game bergenre Role Playing Game (RPG) yang terinspirasi perang kolosal Bharatayudha ini menampilkan 5 tokoh heroik yang akan merepresentasikan kekayaan budaya lokal.

Founder sekaligus CEO Qajoo Studio, Alexander Budiman (Alex) mengatakan, kehadiran mobile game Kurusetra ini untuk menjawab tantangan akan perkembangan industri game di dunia (khususnya di Indonesia), dimana jumlah pecinta game di tanah air sangat besar dan akan terus berkembang.

Namun sayangnya, permainan yang ada sekarang didominasi oleh karya dari luar negeri. Padahal Indonesia adalah gudangnya anak-anak kreatif, kata Alex dalam acara peluncuran di Jakarta hari Rabu (22/4/2015).

Tidak ingin Indonesia hanya dikenal sebagai kontraktor, Alex bersama anak-anak muda Indonesia yang kreatif, melalui Qajoo Studio memantapkan diri sebagai game developer lokal yang bisa membuat karya Mobile Strategy Game yang tidak kalah dengan negara lain.

“Atas semangat tersebut kami menghadirkan mobile strategy game yang mengangkat ceritera legendaris yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia, Kurusetra,” jelas Alex.

Diceritakannya, Kurusetra adalah mobile strategy game yang terinspirasi oleh perang kolosal Baratayudha, sebuah perang paling legendaris dan paling fair yang pernah terjadi di muka bumi di sebuah kawasan bernama Kurusetra.

Dalam mobile game ini akan ditampilkan 5 (lima) tokoh heroik berlatar belakang budaya Indonesia. Berbeda dengan game lainnya yang juga mengambil perang kolosal Kurusetra, maka game Kurusetra karya Qajoo Studio ini kental dengan nuansa budaya Indonesia.

Mulai dari kelima tokoh heroiknya yang menggunakan nama Indonesia yaitu Satria, Kandini, Trisna, Anom dan Juna, juga busana yang digunakan oleh para tokoh tersebut. Musik nya pun digarap dengan memadukan musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Termasuk suasana alam sekitar yang sangat bernuansa Indonesia.

“Kami ingin menampilkan kekayaan budaya Indonesia dalam game Kurusetra ini. Hal ini kami lakukan karena kecintaan kami terhadap Indonesia dan ingin membawa nama Indonesia ke kancah internasional lewat game yang dibuat oleh para developer asli Indonesia,” tegas Alex.

Kurusetra menawarkan pengalaman pertempuran atau perang kolosal dengan latar belakang sejarah perang Baratayudha. Kurusetra ini adalah game epic yang menawarkan tantangan perang kolosal bagi para pemainnya untuk memilih pahlawannya (hero) sendiri dan memimpin pasukan dalam memperebutkan sebuah prasasti.

Dalam game Kurusetra, pemain dibebaskan untuk memilih menjadi satu dari 5 tokoh heroik yang ada dalam permainan ini. Masing-masing tokoh hero memiliki kemampuan dan karakternya sendiri yang menantang untuk dimainkan para gamer.

Tokoh Juna, misalnya digambarkan sebagai pejuang yang memiliki kemampuan paling lengkap. Selain memiliki kecerdasan di atas rata-rata, dia juga digambarkan sebagai sosok yang memiliki kemampuan tinggi dalam memanah.

Sedangkan sosok Satria, digambarkan sebagai pejuang yang memiliki kekuatan fisik luar biasa, dan Kandini digambarkan sebagai sosok yang memiliki kemampuan belajar cepat. Sementara Trisna adalah sosok dengan kemampuan magis yang kuat, dan terakhir adalah Anom sosok monyet yang bergerak sangat lincah.

Untuk bisa memulai permainan Kurusetra ini, pemain harus terlebih dahulu memilih sosok mana yang akan dimainkannya hingga akhir. Kemudian langkah-langkah yang diambil selanjutnya adalah membangun desa, melatih tentara yang memiliki berbagai keunikan, mempertahankan desa mereka dan bersama pemain lain bergabung untuk memperebutkan sebuah prasasti yang disebut sebagai Segaragni Bayubhumi, yang terletak di gunung penuh daya magis “Megameru”.

Para pemain akan ditantang untuk bertindak sebagai pemimpin yang mampu mengatur strategi dan taktik dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Dan memenangkan pertarungan untuk mendapatkan prasasti Segaragni Bayubhumi

Untuk saat ini, tambah Ariel, Kurusetra hanya bisa dimainkan dalam ponsel berbasis IOS yaitu di iPhone dan iPad dengan cara men-download - nya secara gratis di Apple’s App Store.

Sebagai modal awal untuk bisa memainkan game ini, para pemain akan dibekali modal senilai 500, herbs (tanaman) 750 poin dan batu mulia berupa zamrud senilai 500. Selain itu, para gamer pun dibekali sebuah rumah beratap jerami untuk memulai persiapan pertempuran panjangnya. Nantinya, apabila pemain ingin meningkatkan permainannya, mereka dapat membeli berbagai keperluan perang dengan menggunakan kartu kreditnya. * (Syam)