Oleh : Muhammad

Jakarta, MediaProfesi.com – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memberlakukan suku bunga kredit menjadi single digit terhitung mulai tanggal 11 Januari 2012, untuk jenis kredit kepemilikan rumah (KPR) dan kredit kepemilikan apartemen (KPA).

BTN menetapkan suku bunga 9% untuk kredit di atas Rp 350 juta, sementara untuk kredit di bawah Rp 350 juta, diberlakukan suku bunga 9,75%.

“Suku bunga kredit tersebut berlaku untuk kd kredit mulai 11 Januari 2012,” kata Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Iqbal Latanro melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi MediaProfesi.com (11/1/2012).

Menurutnya, keputusan ini diambil guna merespons pasar dan sebagai momen yang baik pada awal 2012. Dan penurunan suku bunga KPR maupun KPA ini merupakan terobosan yang dilakukan Bank BTN sesuai dengan semangat regulator agar perbankan segera menurunkan tingkat bunga kreditnya.

"Dengan membaiknya fundamental ekonomi Indonesia yang ditandai dengan turunnya BI rate yang menjadi dasar dalam perhitungan suku bunga kredit, maka peseroan telah siap dengan hitungan untuk menetapkan suku bunga kreditnya," ungkapnya.

Ke depan, Iqbal berharap  kebijakan ini menjadi stimulus bagi bertumbuhnya industri perumahan di Indonesia dan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik.

"Mudah-mudahan penurunan suku bunga kredit ini mendapat respon yang posisitf dari dunia usaha yang terkait perumahan dengan bertumbuh dan berkembangnya industri pembangunan perumahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan rumah," jelasnya. * (Muh/Syam)