Oleh : Wahyu

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Perusahaan bahan kimia khusus LANXESS mencatat kinerja yang baik pada kuartal kedua 2018 untuk penjualan global meningkat 6,8% menjadi EUR 1,83 miliar dibanding EUR 1,71 miliar year on year (yoy).

 

Dan untuk EBITDA pre exceptionals naik 3,6% menjadi EUR 290 juta dibandingkan EUR 280 juta year on year (yoy).

 

Kinerja pendapatan keseluruhan yang positif didorong tiga alasan utama. Pertama, kontribusi bisnis Chemtura, bagian penting dari segmen Specialty Additives, yang mencatatkan hasil kuartalan terbaik sejak akuisisi. Kedua, penyesuaian harga jual karena biaya bahan baku yang lebih tinggi.

 

Tiga, sinergi integrasi Chemtura berdampak positif pada pendapatan. Kendati terimbas efek mata uang yang merugikan secara signifikan, margin EBITDA pre exceptionals kuartal dua 2018 berada pada tingkat yang solid mencapai 15,9%, dibandingkan 16,4% year on year (yoy).

 

“LANXESS mencatatkan kinerja baik dalam hal operasional. Sedangkan keputusan strategis kami beberapa tahun terakhir, membuahkan hasil,” ujar Matthias Zachert, Chairman of the LANXESS Board of Management.

 

Misalnya, ujar Zachert, akuisisi bisnis Chemtura, yang kini diperhitungkan dalam laporan kinerja tahunan, berkontribusi dalam capaian rekor segmen Additives pada kuartal dua.

 

“Oleh karena itu, kami memperkirakan kenaikan EBITDA LANXESS tahun ini akan menyentuh batas atas panduan, kendati ada tantangan dari pelemahan dolar AS dan ketidakpastian geopolitik,” tambahnya.

 

Penghasilan bersih naik signifikan menjadi EUR 126 juta dibanding EUR 3 juta year on year (yoy), dengan biaya sangat besar yang dibukukan. Sebanyak EUR 97 juta berasal dari empat segmen LANXESS dan EUR 29 juta dari bisnis ARLANXEO yang dihentikan.

 

LANXESS juga membentuk struktur regional teranyar, demi efektivitas pemanfaatan peluang pertumbuhan baru. Sebagai bagian dari hal ini, CEO China Raya, Ming Cheng Chien ditunjuk sebagai President LANXESS APAC (Asia Pasifik) sejak 1 Agustus 2018.

 

“Setelah mencatatkan kinerja baik pada kuartal kedua, perusahaan bahan kimia khusus LANXESS merilis perkiraan pendapatan untuk 2018. Grup ini memperkirakan kenaikan hasil operasional akan mencapai batas atas panduan, lima hingga sepuluh persen,” paparnya.

 

Tahun lalu, EBITDA pre exceptionals mencapai EUR 925 juta. Kontribusi ARLANXEO, joint venture LANXESS dan Saudi Aramco di bidang karet sintetis, tidak diperhitungkan dalam perkiraan tahunan 2018, serta tidak dilaporkan lagi dalam penjualan dan hasil operasional Grup. * (Wah/Syam)