Oleh : Wahyu

 

Jakarta, MediaProfesi.com – LANXESS, perusahaan bahan kimia khusus berhasil mencatat penjualan global pada kwartal ketiga tahun 2017 meningkat 25,1% atau EUR 483 juta menjadi EUR 2,4 miliar.

 

Setahun sebelumnya, penjualan global LANXESS mencapai EUR 1,9 miliar. EBITDA tanpa memperhitungkan item-item khusus (pre exceptionals) meningkat 35% menjadi EUR 347 juta, dibandingkan dengan EUR 257 juta di kuartal ketiga tahun sebelumnya.

 

Kontribusi dari bisnis Chemtura yang diakuisisi serta volume penjualan yang lebih tinggi memiliki dampak yang sangat positif. EBITDA margin tanpa memperhitungkan item-item khusus pada kuartal ketiga 2017 mencapai 14,4%. Angka ini lebih tinggi dari 13,4% yang dilaporkan pada periode tahun sebelumnya.

 

"LANXESS tengah mencapai kinerja finansial yang berjalan mulus tanpa hambatan. Fokus strategis kami yang jelas pada bahan kimia khusus dengan margin tinggi semakin membuahkan hasil, dan dalam hal operasional, kinerja kami sangat baik dalam pengaturan baru perusahaan," kata Matthias Zachert, Chairman of the Board of Management, LANXESS.

 

Akibat adanya beban biaya khusus yang terjadi satu kali, pendapatan bersih mencapai sebesar EUR 55 juta. Pada kuartal ketiga tahun lalu pencapatan bersih mencapai EUR 62 juta.

 

Efek biaya khusu yang hanya satu kali ini terutama disebabkan oleh adanya konsolidasi produksi prekursor pelumas dan penghentian produksi produk terkait di lokasi produksi Ankerweg di Amsterdam (Belanda).

 

Pendapatan bersih tanpa memperhitungkan item-item khusus meningkat sebesar 37,7% menjadi EUR 106 juta, dibandingkan dengan EUR 77 juta pada kuartal ketiga tahun sebelumnya.

 

Setelah mencapai angka pencapaian yang kuat pada kuartal ketiga ini, grup LANXESS menyempurnakan perkiraan pendapatannya untuk tahun 2017 dan mencabut batas atas yang lebih rendah sebesar EUR 25 juta.

 

LANXESS kini memprediksi EBITDA tanpa memperhitungkan item-item khusus antara EUR 1,25 miliar dan EUR 1,3 miliar.

 

Angka ini akan menjadi rekor bagi perusahaan yang berbasis di Cologne ini, karena hasil operasional yang paling tinggi sampai saat ini adalah sebesar kurang lebih EUR 1,2 miliar yang dicapai pada tahun 2012. * (Wah/Syam)